Ciri-Ciri Bibit Ikan Lele Yang Baik

Tanda-tanda bibit ikan lele yang baik untuk budidaya ikan lele di kolam terpal maupun di kolam tanah terlebih type sangkuriang benar-benar butuh di ketahui oleh tiap-tiap petani ikan ini. Keberhasilan usaha ikan lele benar-benar tergantung pada mutu bibit yang diambil, makin baik bibit maka makin kecil kemungkinan kerugian yang bakal dijamin. Dengan cara analisis rugi laba terang tampak bahwasanya bibit terhitung satu diantara aspek produksi terutama tak hanya pakan serta obat-obatan ikan lele. Karenanya saat ini bakal kita buat tanda-tanda bibit ikan lele yang baik dengan cara garis besar serta bisa dianalisa dengan cara kasat mata.

Gerakan bibit lele yang lincah, bila bibit lele tampak lemas serta kurang gerakan atau gerakannya cuma maju mundur saja maka baiknya ikan lele ini tak dibeli. Gerakan yang lincah yang disebut di sini yaitu gerakan berenang yang aktif serta benar-benar responsive. Langkah memastikan responsive atau tidak yaitu dengan memasukkan ujung jari ke wadah penampung bibit, atau mencemplungkan batu kedalam wadah bibit, bila bibit lele itu aktif maka mereka bakal benar-benar tanggapan pada aksi itu.

Permukaan tubuh yang mulus serta sewarna, bila anda temukan bibit lele yang permukaan kulitnya lecet-lecet baiknya bibit ini janganlah dibeli. Bibit lele yang baik memilii warna badan yang sewarna (biasanya cokelat tua atau hitam kemerah-merahan). Makin banyak lecet pada permukaan badan bibit lele maka makin tinggi kemungkinan kematian lele itu.

bibit ikan lele

Dapat bergerak melawan arus yang lembut, langkah memastikan hal semacam ini pada bibit lele yaitu dengan memiringkan wadah bibit ikan lele dengan cara perlahan-lahan, bila dengan cara umum atau sebahagian besar bibit bergerak melawan arus yang terwujud maka bisa diambil kesimpulan bibit itu dalam situasi baik. Sebaliknya beberapa besar bibit ikan lele segera terbawa arus maka baiknya bibit ini janganlah dibeli.

Cermati juga kelengkapan dari sisi badan bibit itu, adapun bagian-bagian bibit ikan lele yang baik yaitu ;  tubuh, 2 pasang sirip bawah (sisi leher serta tengah tubuh), sirip punggung sepanjang tubuh, sungut yang komplit (4 pasang). Makin prima bagian-bagian badan bibit lele maka makin baik nilai bibit itu. Janganlah beli bibit lele yang cacat atau ada sisi dari badan yg tidak prima.

Bila ke empat hal di atas telah di perhatikan dengan cara seksama serta mempunyai nilai yang baik maka semoga anda tak lagi menentukan bibit ikan lele yang salah atau lemah. kesehatan bibit bakal memengaruhi hasil panen, bila kita menentukan bibit yang salah ada kalanya kita membuang-buang pakan saja dalam memeliharanya karena kerap ditemukan seseorang petani di mana ikan lele yang dipelihara yaitu type lele kerdil.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top